Salam Beta

Acara Pembukaan Rumah Baca di Dusun Kajor

In Rumah Baca on 22 May 2011 at 20:56

Medio Januari 2011 Kami telah meresmikan pembukaan rumah baca Salam Beta di Dusun Kajor, Desa Jrakah, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali. Dusun yang terletak 4 kilometer dari puncak Merapi ini merupakan laboratorium pertama Salam Beta. Dengan dibukanya rumah baca diharapkan dapat memotivasi warga, khususnya anak-anak, untuk menimba ilmu.

Peresmian rumah baca ini dibarengi dengan acara pembukaan yang dibagi kedalam 2 hari. Hari pertama pada malam tanggal 8 Januari 2011, Salam Beta mengadakan acara serupa pentas seni. Acara ini bertujuan untuk mempererat silaturahmi antara warga setempat dengan Salam Beta dan mempublikasikan pembukaan rumah baca kepada warga setempat. Acara ini juga dimeriahkan oleh teman-teman pekerja seni dari berbagai universitas di Jogja.

Walaupun hujan besar pada sore harinya, hal tersebut tidak mengecilkan semangat teman-teman Salam Beta dan warga untuk mengadakan acara pembukaan ini. Acara di langsungkan di jalan dekat rumah baca. Pertama-tama acara dibuka oleh MC, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Salam Beta pada saat itu dan Kepala Desa. Tepat setelah sambutan dari Kepala Desa, Rumah Baca Salam Beta Dusun Kajor diresmikan dengan pemotongan tumpeng oleh Kepala Desa dan penyerahan kepada Ketua RT. Peresmian ini pun disambut meriah oleh warga yang duduk berdempetan di atas terpal.

Setelah peresmian rumah baca, acara langsung disambung dengan penampilan-penampilan dari teman-teman seniman Jogja. Diawali dengan penampilan Mas Kunting yang menyanyi bersama anak-anak dengan tema “belajar bersama-sama”, lalu ada juga penampilan pantomim dari Mas Yuli yang mengajak warga untuk gemar membaca. Disambung lagi dengan pembacaan puisi oleh Mas Ali dengan iringan permainan biola dari Awan. Setelah warga diajak memahami puisi, warga dihibur dengan tarian dari Didin dan teman-teman Seni Tari UNY. Acara hiburan ini ditutup dengan penampilan akustik dari Sapulidi. Tak lupa disela-sela acara MC selalu menyampaikan pesan untuk gemar membaca dan datang ke rumah baca. Warga pun terlihat sangat terhibur walau gerimis masih menyertai. Acara pembukaan rumah baca ini ditutup dengan teman-teman Salam Beta bersama warga yang berangkulan dan menari bersama diiringi lagu-lagu dari Sapulidi.

Acara pembukaan yang kedua diisi dengan kegiatan Outbond untuk anak-anak pada keesokan harinya. Anak-anak terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Semoga acara pembukaan ini memberikan manfaat baik bagi warga Dusun Kajor maupun Keluarga Salam Beta.🙂

Rumah Baca Kajor

Pemotongan Tumpeng oleh Kepala Desa

Mas Yuli yang sedang memainkan pantomim

Pembacaan puisi dengan iringan biola

Penampilan Tari dari Didin dan teman-teman Seni Tari UNY

Penampilan Akustik dari Sapulidi

Salam Beta dan anak-anak Kajor berangkulan menutup acara malam itu

Kegiatan outbond di hari kedua

Anak-anak Dusun Kajor setelah pembukaan rumah baca

***Dengan Membaca, Perbanyak Saudara***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: