Salam Beta

Penggalangan Dana Salam Beta

In Informasi, Rumah Baca, Salam Beta on 21 October 2011 at 20:20

Simulasi Pendidikan Penanggulangan Bencana Alam kepada Anak-Anak Lereng Merapi melalui Media Seni

Latar Belakang

Tumbuh kembang anak banyak dipengaruhi berbagai macam faktor. Pengaruh eksternal di lingkungan sosialnya tidak menutup kemungkinan berimbas pada pertumbuhan fisik dan mental anak-anak. Pengetahuan penanggulangan bencana alam –erupsi gunung berapi, tsunami, gempa, dll— merupakan hal yang sudah semestinya diberikan sejak dini sebagai pengetahuan ilmu kepada anak-anak untuk memahami lingkungan sekitarnya, terutama kepada anak-anak yang tinggal di daerah rawan bencana, agar mereka bisa mengambil tindakan yang tepat ketika bencana alam terjadi.

Selama ini tidak banyak kegiatan simulasi penanggulangan bencana yang dilakukan pemerintah, terutama pada anak-anak yang tinggal di daerah rawan bencana. Berangkat dari kurangnya kepedulian dalam pembelajaran penanggulangan bencana ini dan melihat kesuksesan Teater Fantasi “Ikan Batu Karang” yang dipentaskan di Taman Budaya Yogyakarta pada tanggal 23 Juli 2011 dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional, kami mencoba mementaskan kembali Tetaer Fantasi di salah satu dusun yang menjadi korban Erupsi Merapi 2010, yaitu Dusun Tutup Ngisor, Desa Sumber, Kecamatan Dukun, Magelang. Kami berharap melalui media seni pementasan teater, anak-anak dapat lebih mudah mempelajari dan memahami kegiatan Penanggulangan Bencana.

Tujuan

  • Menyampaikan pesan penanggulangan bencana melalui pementasan  drama/teater yang bersifat kreatif, inovati, dan bermuatan edukatif
  • Memberikan trauma healing terhadap anak-anak yang mengalami musibah bencana alam erupsi gunung berapi.
  • Memberikan semangat dan dukungan terhadap kelangsungan pendidikan anak-anak di wilayah bencana alam erupsi gunung berapi pasca erupsi gunung Merapi 2010.
  • Memberikan wacana fungsi taman baca sebagai media alternatif tempat pembelajaran.
  • Membuka ruang kesenian sebagai ajang silaturahmi budaya
  • Pennggalangan dana untuk relokasi rumah baca Dusun Tutup Ngisor

Profil Dusun Sasaran:

Tutup Ngisor, Desa Sumber, Kec. Dukun, Kab. Magelang

Dusun Tutup Ngisor merupakan salah satu dusun yang secara tidak langsung terkena dampak bencana erupsi Merapi 2010. Pada saat bencana, warga Tutup termasuk dalam warga yang mengungsi, mengingat jaraknya ± 9 km dari puncak Merapi. Kini warga Tutup sudah mulai beraktifitas kembali, namun masih dengan tingkat kewaspadaan yang tinggi mengingat letaknya yang berada di samping Kali Senowo yang dilewati aliran lahar dingin.

Dusun Tutup adalah dusun yang mempunyai kekhasan tersendiri di kabupaten Magelang. Dusun ini identik dengan basis keseniannya yang kuat dengan Padepokan Tjipto Boedojo sebagai pusatnya. Pemimpin padepokan ini adalah Sitras Anjilin yang merupakan generasi kedua pendiri padepokan. Komunitas adat Tutup sebagai penghuni yang persis di bawah lereng Merapi setiap tahunnya melakukan pentas wajib yang dilakukan sebanyak 4 kali, yakni pada 15 Syuro, Syawalan, Maulid Nabi dan 17 agustus. Dari kegiatan seni ini lah, mereka berekspresi, merevitalisasi diri lalu menumbuhjiwakan nilai-nilai seni tersebut dalam diri mereka untuk kemudian mewujudkannya dalam sikap sehari-hari menghadapi permasalahan hidup.

Rumah Baca Dusun Tutup Ngisor

Rumah Baca Tutup Ngisor yang telah resmi dibuka pada tanggal 12 Februari 2011 bertempat di rumah Bapak Surame. Rumah Baca ini dikelola oleh pemuda setempat. Melihat perkembangan selama 6 bulan, ternyata pengunjung rumah baca masih sedikit. Hal ini dikarenakan rumah baca ini bertempat di salah satu rumah warga, sehingga pengunjung merasa sungkan untuk datang. Oleh karena itu, pemuda setempat dan Salam Beta berinisiatif untuk merelokasi rumah baca dengan membangun bangunan permanen untuk rumah baca ini, agar kegiatan di rumah baca dapat berjalan efektif.

Kegiatan yang dilaksanakan di Rumah Baca ini tidak hanya membaca, tetapi juga berbagai aktifitas penunjang untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Sesuai dengan salah satu tujuan diadakannya rumah baca ini, yaitu sebagai pusat pengetahuan dan budaya, akan diadakan juga berbagai kegiatan yang bertujuan untuk menggali dan mengembangkan minat bakat anak usia sekolah di Dusun Tutup Ngisor. Sementara kegiatan yang berlangsung adalah  kegiatan melukis dan pelatihan percakapan Bahasa Inggris. Salam Beta bekerjasama dengan rekan-rekan dari Pendidikan Seni Rupa dan Bahasa Inggris UNY untuk menjalankan kegiatan tersebut.

 

Berdasarkan Uraian di atas kami dari Salam Beta Mengajak Teman, Saudara, Untuk Turut Serta dan Membantu Terselenggaranya Kegiatan Ini,

Bantuan Dapat Berupa,

DO’A dan DONASI DANA SEIKHLASNYA

donasi dapat melalui :

BNI an Ika Susilowati : 0199880452

BII an Ika Susilowati : 1086602509

BRI an Susi Susanti : 5575 01 006561 535

Besar Harapan Kami Saudara Dapat Membantu Terselenggaranya Kegiatan Ini

“Selamatkan Anak Bangsa, Selamatkan Masa Depan”

Salam Beta

085271018557 (susi)

085647073230 (adi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: