Salam Beta

Membuat Kliping Memanfaatkan Koran Bekas

In Informasi on 28 May 2012 at 20:45

Sahabat Alam, Belajar kita kali ini ialah memanfaatkan koran bekas menjadi kliping. Nah, apakah yang dimaksud dengan kliping? Pengertian kliping ialah kegiatan pengguntingan atau pemotongan bagian-bagian surat kabar maupun majalah, kemudian disusun dengan cara tertentu dalam berbagai bidang. Koran bekas akan lebih bermanfaat apabila digunakan sebagai bahan kliping ketimbang dibiarkan menumpuk di gudang atau di bakar. Tentu saja tidak hanya koran bekas yang dapat digunakan sebagai bahan kliping, majalah bekas pun dapat digunakan sebagai bahan kliping.

Bagaimanakah cara membuat kliping? Caranya hampir mirip dengan materi membuat puzzle minggu lalu. Berikut beberapa petunjuk agar kawan-kawan Sahabat Alam dapat membuat kliping.

  1. Kumpulkan bahan kliping, yaitu dapat berupa koran bekas dan majalah bekas. Gunting, perekat (lem, isolasi double tape) dan kertas HVS atau Kwarto.
  2. Tentukan bidang yang disukai, misalnya artikel atau berita tentang olahraga, kesenian, ekonomi, tanaman, hewan dan lain sebagainya.
  3. Potong dengan gunting artikel atau berita yang disukai dengan rapi.
  4. Setelah artikel atau berita pada kolom koran dipotong dengan rapi, tempel atau rekatkan menggunakan lem di kertas HVS atau Kwarto yang telah disediakan sesuai dengan posisi yang kawan-kawan inginkan.
  5. Yang terakhir jangan lupa untuk menuliskan tanggal dan edisi artikel tersebut, juga sumber-sumbernya dibawah artikel atau berita yang yelah ditempelkan di kertas HVS atau Kwarto.

( Gambar :contoh kliping )

Bagaimana kawan-kawan Sahabat Alam? Mudahkan? selamat mencoba ya dan selamat berkreasi!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: