Salam Beta

KBB : 20 Januari 2013

In Kegiatan Belajar Bersama on 23 January 2013 at 03:02

SAYA INGIN  MENJADI POLISI, SUPAYA DAPAT  MEMBERANTAS KORUPSI!!

Dingin, mungkin itulah kesan pertama yang dirasakan saat sampai di salah satu rumah baca salam beta yang beralamat di Kajor, Jrakah, Boyolali. Hal ini dikarenakan cuaca memang sedang tidak bersahabat dan lokasi yang bisa dikatakan cukup tinggi dari permukaan laut. Cukup membuat kaki dan tangan sedikit membeku. Perjalanan kali ini juga sedikit memacu adrenalin dan membuat siapapun merasa tertantang, pasalnya banyak tanah yang longsor di sepanjang jalan. Beberapa minggu yang lalu jatuh korban oleh sebab tertimbun longsor.

Tidak seperti minggu-minggu sebelumnya, dimana adik-adik sudah berkumpul di suatu tempat dan menunggu kakak-kakak pendamping datang, hari ini minggu 20 januari 2013 tidak terlihat satu anak pun yang berkumpul di halaman depan rumah baca. hal ini dikarenakan adanya kesalahan pemberian informasi kepada adik-adik atau yang lebih tepatnya salah lihat kalender (seharusnya minggu tanggal 20 jan 2013 tapi malah minggu 21 januari 2013) hehehehehe . Situasi ini mengharuskan kami untuk menjemput adik-adik kami satu persatu. Ada yang sedang bermain di rumahnya, ada yang baru bangun tidur, ada juga yang sedang berada di ladang bersama orang tuanya. Tidak berselang lama setelah berkeliling-keliling sembari mengabarkan kepada setiap adik-adik yang kami temui bahwa hari ini ada kegiatan belajar bersama, akhirnya terkumpulah 30 anak. Sebuah angka yang cukup fantastik mengingat minggu-minggu sebelumnya hanya terkumpul kurang lebih 20-an anak.

mendengarkan kakak

(Mendengarkan Kakak, Dok. SB 20 januari 2013 ; M. Ainun)

Seperti biasa, sebelum aktifitas dimulai Kak Susi susanti membuka terlebih dahulu dengan salam didampingi oleh Kak Harum. Kegiatan Kemudian dilanjutkan dengan permainan “apresiasi aku” (istilah penulis) yaitu adik-adik diminta untuk menuliskan nama, tanggal lahir, warna kesukaan dan cita-cita untuk anak kelas 3-6 SD. Cukup mengesankan karena hampir keseluruhan dari mereka memiliki cita-cita yang tinggi dan sangat membuat kita berdecak kagum. Ada yang bercita-cita menjadi dokter, pramugari, guru dan satu yang membuat saya tersentak yaitu ungkapan seorang anak yang begitu polos mengatakan “Saya ingin menjadi polisi supaya bisa memberantas korupsi” ujarnya dengan sangat bersemangat. Sungguh mulia hati anak ini, Ditengah morat maritnya negara akibat korupsi ternyata masih ada yang berfikiran jernih dan bersih. Semoga apa yang dicita-citakannya dapat tercapai, Amiiinnnn. Sedangkan adik-adik di bawah kelas 3-1SD diajari membaca dan menulis oleh Kak Najib dan dibantu juga oleh Kak Harum.

persiapan lomba

( Persiapan Bermain, Dok. SB 20 Januari 2013 ; M.Ainun)

(Acara selanjutnya dilanjutkan dengan permainan edukatif untuk melatih kekompakan, kerjasama, konsentrasi, dan semangat anak-anak yang dipimpin oleh Kak Susi Sang Pemimpi yaitu permainan “Pesan berantai”(istilah penulis).  Permainan ini menggunakan pipet dan karet gelang. Namun sayangnya permainan ini dilaksanakan di dalam ruangan rumah baca karena di luar sedang hujan lebat dan tidak memungkinkan untuk bermain di luar. But overall it’s funny and make us laught.

 

bertukar gelang karet

(bertukar Gelang Karet, Dok. SB 20 januari 2013 ; M. Ainun)

Setelah permainan tersebut selesai, kekosongan waktu dilanjutkan dengan makan kue bersama, tapi sayang kue yang dibawa Kak Susi kurang. Kak Susi terus memutar otak mencari cara agar semua anak yang hadir bisa makan semuanya tanpa ada yang merasa kecewa. Akhirnya disepakati bahwa anak-anak yang duduk di kelas 5 dan 6 diharuskan untuk berbagi kue dengan yang belum mendapatkan sehingga semua dapat merasakan dan menikmati santapan siang tersebut dengan lahap walaupun ada diantara mereka yang hanya mendapatkan setengah dari potongan kue.

pecah air

(Permainan Boom Water, Dok. SB 20 januari 2012 ; M. Ainun)

Permainan “Boom water” menjadi permainan penutup sebelum anak-anak kembali ke rumah masing-masing pada hari itu, karena hujan telah reda kami mengajak anak-anak  ke lapangan dan membagi mereka menjadi 5 kelompok, permainan ini sederhana, yaitu dengan menutup mata peserta kemudian mereka diharuskan untuk menginjak air yang sudah dimasukkan di dalam plastik dan di letakkan di depan lintasan yang sudah dibuat sebelumnya. Permainan ini berlangsung seru dan disambut penuh antusias oleh adik-adik seolah ini merupakan lomba memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia 17 agustus.

537076_467221346672550_1538752977_n

(Pecah air, Dok. SB 20 Januari 2013 ; M. Ainun)

 

See you next time child…..


Catatan Muhammad Ainun Najib, 23 januari 2013 : http://www.facebook.com/salam.beta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: