Salam Beta

( HARAPAN ) : Pembangunan Rumah Baca Permanen

In Rumah Baca on 7 February 2013 at 00:36

Sesuai dengan judul, tulisan ini adalah tentang harapan dari Kakak-kakak Salam Beta agar memiliki rumah baca permanen dengan beberapa alasan yang membidani harapan itu sendiri.  Salam Beta memiliki dua rumah baca yang beralamatkan :

  • Dusun Kajor, Rt. 01, Desa Jrakah Kelurahan Jrakah, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.
  • Dusun Tutup Ngisor, Desa Sumber, Kecamatan Dukun, Magelang, Jawa Tengah.

Saat ini kedua rumah baca itu berada di salah satu rumah warga desa masing-masing. Kakak-kakak Salam Beta memfasilitasi rak dan buku juga pendataan dan penataan sekaligus meja sebagai fasilitas kinerja penanggung jawab (kepengurusan) rumah baca untuk melakukan pelayanan peminjaman buku dan pendataan ulang buku-buku yang dipinjam. Proses itu dilakukan selayaknya perpustakaan pada umumnya yang sering kita temui. Sayangnya setelah hampir dua tahun berdiri, proses itu tidak serta merta langsung dapat terlaksana. Hal itu terjadi bukan karena adik-adik dan warga kurang minat baca melainkan beberapa kendala seperti misalnya :

  • Rumah Baca yang berada di salah satu rumah warga membuat adik-adik dan warga tidak dapat bergerak leluasa,  baik dalam proses kegiatan membaca maupun waktu berkunjung.
  • Perasaan sungkan (rikuh* dalam bahasa jawa) karena tuan rumah memberikan suguhan baik makanan maupun minuman bagi para pengunjung (kebiasaan baik mengagungkan tamu yang hadir).

Hal itu dituturkan sendiri oleh  Ketua pemuda Dusun Kajor,  Rt. 01 Desa Jrakah yaitu Kak Syawali. Penjelasan Kak Syawali selaku Ketua pemuda memberikan pengertian bahwa sebenarnya adik-adik dan masyarakat menyambut antusias kegiatan rumah baca, selain juga sebagai tempat berkumpul saat bermain. Namun oleh sebab rumah baca berada di tempat Pak RT hal demikian yang melahirkan perasaan sungkan ketika melakukan kunjungan. Perasaan sungkan yang alami lahir karena tidak ingin mengganggu rutinitas dari tuan rumah sendiri yang ditempati rumah baca sementara. Bahkan Kak Syawali menawarkan tanah kosong  di halaman rumahnya untuk digunakan sebagai rumah baca permanen.

Hal serupa juga terjadi di rumah baca Dusun Tutup Ngisor, Desa Sumber. Perasaan sungkan itu melahirkan keinginan dan kesadaran dalam pembangunan rumah baca permanen. Warga Dusun Tutup Ngisor sudah mulai pembangunan dengan membuat pondasi untuk rumah baca. Namun demikian kebutuhan akan material lain seperti semen, bata, kayu dan genteng belum terpenuhi.

Alasan-alasan itulah yang melandasi harapan kami untuk dapat berpartisipasi dalam rangka menyukseskan pembangunan rumah baca Salam Beta di dua titik tersebut. Tentu kendala pertama adalah pendanaan untuk pembangunan rumah baca permanen. Kami sedang membuat anggaran dana yang dibutuhkan dalam pembangunan rumah baca. Apabila Tuhan telah mengijinkan dan memberi jalan untuk pendanaan pembangunan rumah baca,  kami ingin bekerja bakti bersama warga dalam pembangunan rumah baca. Sebisa mungkin pembangunan rumah baca dikerjakan oleh warga sendiri bukan oleh tukang. Karena kami ingin melahirkan perasaan memiliki rumah baca bagi warga saat mereka turut serta dalam pembangunannya. Hal demikian agar warga menyadari rumah baca merupakan fasilitas publik yang dimiliki oleh keluarga besar Dusun Kajor dan Dusun Tutup Ngisor. Bukan milik kami (keluarga salam beta). Sehingga kedepan warga akan mengoperasikan rumah baca dengan baik dan merawatnya.

Besar harapan ini dapat tercapai. Pembangunan rumah baca permanen menjadi salah satu faktor penunjang keberhasilan program kegiatan Salam Beta yang lain. Selain itu juga menjadi ruang baru belajar bersama adik-adik di rumah baca. Semoga Tuhan memberkati harapan kakak-kakak Salam Beta dan harapan warga di kedua dusun rumah baca. Semoga tulisan ini sampai kepada Pembaca yang budiman. Sekaligus menginspirasi kita semua. Amiin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: