Salam Beta

Catatan Kak Susi (Kegiatan Bersama Komunitas SIOUX-Pengetahuan Tentang Ular)

In Rumah Baca on 20 November 2013 at 16:45
“A” “P” “E” “L” = APEL. Eja mereka memecah keheningan pagi itu. Tampak seorang kakak dari mereka mengajari membaca kepada mereka yang belum bisa membaca. Seorang yang lain mendampingi mereka membaca dan sesekali membenarkan penyebutan huruf yang dibaca. Seorang yang lain lagi terlihat sibuk merapikan rak buku dan mengambil buku ketika di antara mereka ada yang meminta.
Seseorang itu adalah mereka, anak-anak rumah baca di dusun Kajor, Selo_Boyolali.

Minggu, 17 November 2013. Kakak-kakak pendamping kembali hadir di  rumah baca, tentu dengan cerita baru. Hari ini adalah hari spesial untuk kita. Kita kedatangan tamu terhormat dari kakak-kakak SIOUX (Pencinta Ular Indonesia). Selain balajar membaca dan bermain, kita mendapat materi seputar tentang ular. Pengetahuan tersebut meliputi jenis-jenis ular, ciri-ciri ular yang berbisa dan yang tidak berbisa, serta melihat secara langsung ularnya. Huwaaaa…! Semua berteriak antara takut dan penasaran.

Kak Tyas menjelaskan nama-nama ular sambil menunjukkan ularnya. “Ini namanya ular pelangi”. anak-anak tersenyum dan ada yang nyeletuk “Pelangi tapi kok gak warna-warni kak? “. Mereka diliputi rasa ingin tahu. “Karena ular ini belum terkena cahaya, coba kita beri cahaya atau kita jemur (sambil praktek) maka lihat, warna warni kan?”. penjelasannya memuaskan. Kita diajarkan “tepuk ular”. Kita juga berkesempatan untuk memegang ular agar kita jadi pemberani, karena sebenarnya ular itu takut terhadap manusia. Hanya saja manusia kadang mengagetkan atau tidak sengaja menginjak jadi ular melukai manusia.

Salam Beta mengucapkan selamat ulang tahun kepada SIOUX yang ke X (sepuluh). Semoga ular di Indonesia tidak punah. Dengan senang hati memberi kesempatan kepada kakak-kakak untuk hadir kembali mengunjungi kami.

 
We love snake for Indonesian.

Catatan: Salam Beta menerima kakak pendamping baru yang memiliki kemauan dan kesungguhan. Tidak perlu berpengalaman karena di sini lapangan pengalaman asal tulus saja menyisihkan sedikit waktu dari sekian banyak waktu yang kita miliki. Tentu untuk berbagi kepada mereka yang rindu akan pengetahuan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: