Salam Beta

Profil

Erupsi Gunung Merapi pada akhir tahun 2010 telah menimbulkan kerugian di berbagai bidang. Kerugian terutama dirasakan oleh warga yang tinggal di sekitar lereng Merapi. Rumah, bangunan sekolah, ternak, dan sawah hancur berantakan. Sebagian orang bahkan kehilangan anggota keluarga mereka. Kehilangan seperti ini bukanlah sesuatu yang mudah dihadapi, namun berlarut-larut dalam kesedihan dan rasa putus asa juga bukan solusi. Bangkit dan membangun kembali kehidupan adalah satu langkah yang harus ditempuh.

Menumbuhkan motivasi untuk bangkit dari kehancuran bukanlah perkara mudah. Apalagi jika yang bersangkutan masih mengalami trauma psikologis. Kasus pengungsi yang bunuh diri menjadi ironi tersendiri. Selain bantuan logistik, mereka membutuhkan bantuan berupa rasa empati, dorongan semangat, dan pendampingan psikologis. Kepedulian terhadap sesama menjadi faktor yang sangat penting dalam proses rekonsiliasi ini.

Salam Beta terbentuk pada bulan November 2010. Berawal dari perjumpaan para relawan yang berasal dari Yogyakarta, Bogor, Depok, dan Jakarta di lokasi bencana, Salam Beta berkomitmen untuk terus berkontribusi di bidang edukasi dan kemanusiaan. Salam Beta merupakan sebuah komunitas sosial yang terbentuk dengan landasan kekeluargaan. Relawan yang aktif dalam Salam Beta memiliki latar belakang berbeda-beda, mulai dari kalangan akademisi (mahasiswa) dari berbagai universitas seperti UI, UGM, UII, UNY, AKINDO, dan UIN, penggiat kegiatan kepencintaalaman daerah Bogor-Jakarta, dan beberapa penggiat seni. Selama masa erupsi Merapi, Salam Beta telah melaksanakan berbagai kegiatan terkait sebagai berikut:

  1. Distribusi logistik ke beberapa titik di sekitar Magelang dan Boyolali
  2. Advokasi dan pendampingan (Trauma Healing) bagi warga lereng merapi, khususnya bagi anak-anak di wilayah Magelang dan Boyolali
  3. Pengadaan Rumah Baca di sekitar lingkungan tempat tinggal  warga di lereng Merapi

Lihat Juga Profil Dusun Kajor dan Dusun Tutup Ngisor.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: