Salam Beta

Dusun Kajor

Dusun Kajor RT 01 Desa Jrakah, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Kajor adalah salah satu dusun yang terletak di lereng Gunung Merapi dan Merbabu. Dusun ini berjarak empat kilometer dari puncak Merapi. Total penghuninya mencapai 134 jiwa, yang terdiri dari 30 KK.

Berdasarkan data yang didapat dari pihak Kecamatan Selo, belum terdapat sarana dan prasana untuk menyalurkan minat warga, teruatama anak-naka dan pemuda. Sarana olahraga pun hanya terdapat lapangan voli dan tenis meja di satu desa. Masyarakat di desa ini mayoritas hanya dapat menikmati pendidikan sampai bangku SMP, dikarenakan di desa ini hanya tersedia sarana pendidikan TK, SD, dan SMP. Hanya ada 1 siswi SMA di Dusun Kajor, ini pun terkendala jarak yang sangat jauh dan tidak adanya sarana angkutan umum.

Wilayah Desa Jrakah merupakan daerah rawan bencana tanah longsor, keberadaan pohon-pohon besar yang terletak di dekat rumah diperkirakan dapat membahayakan, terutama ketika Gunung Merapi meletus. Hasil sawah yang menjadi ladang pencaharian sebagian besar masyarakat Kajor banyak yang mengalami gagal panen akibat erupsi Merapi. Jembatan yang merupakan satu-satunya akses warga menuju ladang pun terputus akibat lahar dingin. Jembatan yang menjadi satu-satunya akses menuju sekolah pun nyaris terputus akibat diterjang lahar dingin. Bila jembatan tersebut putus, maka putus pula kesempatan anak-anak Kajor untuk melanjutkan sekolah. Padahal minat belajar anak-anak di sana cukup tinggi.

Anak-anak Dusun Kajor yang sedang belajar di rumah baca

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: